Skip to content →

Apa Saja Resiko Bisnis Properti?

Setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangan, ada prospek keuntungan dan juga Resiko kerugian. Begitu pun halnya dengan bisnis properti yang walaupun sangat dikenal sebagai bisnis yang minim Resiko dan selalu memberikan imbal hasil yang tinggi kepada siapa saja yang menggelutinya tetapi tetap saja memiliki Resiko kerugian. Itulah mengapa artikel ini akan membahas potensi kerugian dari bisnis yang satu ini supaya anda yang hendak terjun ke dalam bisnis properti ini bukan hanya siap untuk sukses dan meraih hasil positif tetapi juga siap untuk mengalami kerugian baik itu kerugian finansial, kerugian waktu, kerugian tenaga dan lain-lain.

Beberapa potensi kerugian di bawah ini perlu anda ketahui sebelum anda benar-benar terjun ke dalam bisnis properti. Potensi kerugian yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

Perawatan Properti
Selama properti anda belum terjual maka kewajiban perawatan atas properti yang dimaksud sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab anda. Anda tentu ingin properti bisnis anda selalu tampil prima supaya menari perhatian konsumen dan mendatangkan konsumen yang lebih banyak, oleh sebab itu masalah perawatan properti ini harus benar-benar diperhatikan. Tetapi ada kalanya biaya perawatan properti ternyata setelah dihitung-hitung jauh lebih besar ketimbang potensi keuntungan atas penjualan properti tersebut, maka dari itu anda harus siap mengalami kondisi demikian.

Lamanya Penjualan
Berbisnis properti tidak seperti berjualan kacang rebus di pinggir jalan yang cepat laku dan dengan mudah banyak dibeli orang. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk memasarkan produk-produk properti supaya konsumen tertarik dengan produk properti anda. Semakin lama properti anda terjual maka biaya yang menyertai properti tersebut pun akan terus menjadi tanggungan anda seperti misalnya biaya perawatan, pajak bumi dan bangunan dan hal-hal lain terkait properti yang dimaksud.

Rumah dilanda Banjir

Bencana Alam
Bencana alam memang tidak bisa diprediksi namun dapat mengintai siapa pun termasuk properti milik anda. Ketika properti anda tertimpa bencana seperti gempa, banjir dan lain-lain maka siap-siaplah untuk menanggung kerugian terutama ketika anda tidak ada cover asuransi.

Itulah beberapa potensi Resiko yang menghantui bisnis properti bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Oleh sebab itu persiapkan diri anda bukan hanya untuk menikmati hasil bisnis anda tetapi juga untuk mengalami kerugian akibat Resiko-Resiko tersebut.

Published in Bisnis Informasi